Langsung ke konten utama

penanaman niai-nilai luhur di panti asuhan akhlaqul karimah


MAKALAH
PENANAMAN NIAI-NILAI LUHUR di PANTI ASUHAN AKHLAQUL KARIMAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu :
Dra. Hj. Siti Anniyat Maimunah, M.Pd





Oleh :
Nur Fahimah : 14170033


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2015

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses membimbing, membina, mengajarkan manusia agar manusia dapat mengetahui berbagai hal, dan dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan olehnya sebagai mahluk agar menjadi insan kamil, oleh karena itu pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia, dengan adanya pendidikan manusia akan mampu melakukan apapun yang dia inginkan, dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi dalam dirinya serta mengembangkan akal pikirannya sehingga dalam melakukan segala sesuatu manusia tidak mengalami kesalahan yang fatal. Pendidikan terhadap manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya faktor keluarga, dan lingkungan. Pendidikan yang baik akan menjadikan manusia tersebut baik pula dan sebaliknya.
Dengan pendidikan yang baik, manusia dianggap sebagai insan yang berkarakter. Pendidikan karakter disini dipahami sebagai upaya penanam kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya. Nilai-nilai luhur tersebut antara lain : kejujuran, kemandirian, sopan santun, kemulyaan sosial, kecerdasan berfikir termasuk kepenasaran akan intelektual, berfikir logis. Darisinilah penyusun akan membahas bagaimana penanaman nilai-nilai luhur di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah sehari-harinya.
I.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Latar Belakang Berdirinya Yayasan Akhlakul Karimah ?
2.      Bagaimana Penanaman Nilai-nilai Luhur di Yayasan Akhlaqul Karimah ?
I.3 Tujuan
1.      Dapat Mengetahui Latar Belakang Berdirinya Yayasan Akhlakul Karimah.
2.      Dapat Memahami Bagaimana Penanaman Nilai-nilai Luhur di Yayasan Akhlaqul Karimah
  
BAB II
PEMBAHASAN
 II.1. Latar Belakang Berdirinya Panti Asuhan Akhlaqul Karimah
Latar belakang berdirinya panti asuhan Akhlaqul Karimah ini atas inisiatif kepala keluarga dari sebuah keluarga di daerah malang. Panti asuhan ini memang benar-benar didirikan mulai dari dasar “Panti ini dibangun tahun 2002, Ibuk disini menempati akhir 2003. Tahun 2004 sudah mulai ada 5 anak, dan masih gelap, ngga kayak gini, ngga kayak sekarang seperti ini, jadi memang mengawali dari bawah. Sampai tahun 2015 ini jumlah adek adeknya juga tetep segini-gini aja. Ini adalah yayasan keluarga besar. Jadi kepengurusan atas sampai bawah sampai pengasuh tertentu itu semua masih dalam satu lingkup keluarga. Jadi selama ini sejak tahun 2004 sampai detik ini Alhamdulillah warga masih peduli dengan adek adek yang ada di sini.” ungkap ibu cicik.
Dari struktur teratas yang berpartisipasi dalam kepengurusan Panti Asuhan Akhlaqul Karimah bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 1.1 Struktur Kepengurusan Yayasan Akhlaqul Karimah
Bangunan yang setiap kamarnya berkapasitas sekitar 4-5 orang ini mulai didirikan pada tahun 2002 khusus untuk anak yatim, piatu, atau yatim piatu dan dhu’afa. Sedangkan donator dikembangkan oleh yayasan “Jadi Alhamdulillah, walaupun kami masih belum mempunyai donator tetap, tapi karena warga peduli, orang-orang sekitar peduli dan mungkin suatu ketika mas-mas dan mbak-mbaknya peduli sama kami, insyaallah keuangan di panti ini tercukupi. Tapi memang itu yang terjadi, karena kami memang belum pernah punya donator. Karena apa, selama 3 tahun baru satu tahun ini kami punya tetangga di depan rumah, awalnya dari 2004 sampai 2012 tetangga kami depan samping kiri kanan itu tegalan semua, dan jalannya juga belum sebagus ini. Jadi dulu warga atau orang luar selalu mengira sini jalan buntu, nah itulah salah satu penyebab kami tidak begitu dikenal dan ndak punya donator” ungkap ibu cicik.
Dari yang diungkapkan ibu cicik tadi, tercukupi dalam artian sedikit tidak menjadi masalah, asalkan masih bisa makan, bisa selesai sekolah. Untuk data anak di Yayasan Akhlaqul Karimah mulai tahun 2004 sampai 2014 bisa kita lihat pada table di bawah ini.

DATA ANAK MENURUT UMUR
Tahun
0-6 Thn
7-12 Thn
13-12 Thn
21 tahun keatas
Jmlh
Ket.
2004
-
5
6
-
11
4 Alumni
2005
-
4
6
-
10
4 Alumni
2006
2
11
8
-
21
-
2007
2
11
8
-
21
3 Alumni
2008
2
11
9
-
22
4 Alumni
2009
2
12
10
1
25
2 Alumni
2010
1
10
10
1
22
3 Alumni
2011
3
13
11
1
28
2 Alumni
2012
1
11
5
5
32
4 Alumni
2013
-
9
16
2
29
2 Alumni
2014
-
9
13
2
26
2 Alumni
Tabel 1.1 Data Anak Menurut Umur
DATA PENDIDIKAN ANAK
Tahun
Jumlah Anak
Tingkat Pendidikan
L
P
Jmlh
TK
SD
SMP
SMA
PT
2004
8
3
11
-
7
-
4
-
2005
5
5
10
-
4
4
2
-
2006
15
6
21
1
-
5
3
1
2007
15
6
21
1
11
5
3
1
2008
14
8
22
1
11
3
3
3
2009
16
9
25
1
13
5
3
2
2010
17
6
22
1
10
6
4
1
2011
21
7
28
-
13
7
4
2
2012
21
11
32
-
11
7
8
3
2013
22
7
29
-
9
4
14
2
2014
19
6
25
-
10
4
9
2
Tabel 1.2 Data Pendidikan Anak

II.2. Penanaman Nilai-nilai Luhur di Yayasan Akhlaqul Karimah
Sebuah yayasan tapi juga sekaligus rumah bagi mereka “Buat kami disini rumah. Siapapun yang mau masuk kesini, mau ngga mau, suka ngga suka, ini gantinya, ibuk gantinya orang tua mereka, artinya kita bersaudara. Kami juga keluarga, mungkin sulit awalnya. Karena macam macam karakter dan watak. Ada yang ngambekan ada yang nangisan ada yang suka menganiaya ibuk juga.” Ungkap ibu cicik.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Yayasan Akhlaqul Karimah ini mulai didirikan pada tahun 2002 khusus untuk anak yatim, piatu, atau yatim piatu dan dhu’afa dan khusus bagi mereka yang tidak mampu, karena dengan begitu ibu cicik bisa menerapkan kedisiplinan dan juga keadilan antara mereka. Selain kedisiplinan dan keadilan yang ia terapkan, ia juga membiasakan agar mereka selalu bersyukur dengan apa yang sudah ada, “Karena ibuk yakin bahwa setiap anak di sini membawa rizkinya sendiri-sendiri. Belum pernah adek-adeknya ini merasa kekurangan sesuatu apapun. Karena yang ada insyaallah kami malah bersyukur. Entar kalo kita punya uang lebih kita mbolang.” jelasnya lagi. Hebatnya mbolang di sini bukan sekedar mbolang yang dimaksud, “kita mbolangnya ke makam-makam/ ziarah wali. Karena mereka ngga pernah naik kereta kita rame rame naik kereta. Subuh subuh Cuma empat ribu harganya. Kejar-kejaran tapi intinya mereka kenyang. Senang dan bisa do’a juga di sana gitu.”
Selain itu hubungan kekeluargaan disana sangatlah erat, bisa kita lihat dari kebiasaan mereka ketika makan “Kami terbiasa makan bareng bareng, kami jarang makan sendiri sendiri, itupun juga kalau mau makan nuggu adek-adeknya datang sekolah.  Meskipun kita punya piring sendiri-sendiri tapi ngumpul, kami juga punya satu piring besar, rebutan ketika makan dan itu nikmat buat ibuk buat kami itu nikmat. Biasa kami ini kalau makan manggil, kalau sendirian ndak enak *ayo cepetan ditungguin, selak entek, gak koman* itu penilaian ibuk.” ungkapnya lagi.
Bagi mereka, rumah adalah tempat kembali, dengan begitu tali persaudaraan dan tali silaturrahim selalu terjalin. Seperti yang diungkapkan ibu cicik “Alhamdulillah, banyak juga yang sudah bekerja, karena memang dari kecil disini, kesini adalah pulang, jadi mau bayaran ngga bayaran, gajian atau ngga gajian mereka tetap pulang. Nanti kalo adek adeknya lagi musim ujian, mereka kesini sama teman-temannya untuk menemani adek-adeknya belajar. Atau kalo lagi gajian, datang ya mbk ika mbeliin nasi lalapan? maem rame-rame. Karena itulah memang rasanya hidup. Suatu ketika setelah mereka lepas dari sini. Atau sekolahnya bisa selesai, semoga bisa sampai kuliah dan kerja, mereka masih akan datang, menyumbangkan pikirannya, tenaganya, supportnya untuk adek-adeknya dan semoga bisa jadi contoh untuk adek-adeknya. Itu salah satu alasan kenapa panti ini ngga pernah untuk minta bantuan. Yakin ajalah, allah itu mudah mentakdirkan, ya kalo rizkinya adek cuma satu cangkir, mau gimana lagi ya tetep satu cangkir, ya yang itu aja di syukuri, insyaallah bisa lebih dan itu terbukti selama ini.”
Banyak sekali hambatan yang ibu cicik hadapi dalam keseharian,“ Kami juga sering ngumpul di kamar, tidur ngumpul kayak pindang, atau kita punya tempat favorit depan tv, tidur disitu, makan juga di situ, ngumpul disitu. Tapi masa perubahan mereka itu juga hambatan buat ibu, karena sedikit besar adek-adeknya, sudah mulai sering di kamar, ngga mau keluar, mereka juga lebih sering di kamar daripada ngumpul depan tv, sudah mulai sibuk sendiri, sudah mulai banyak alasan juga (ibuk saya kerja kelompok, ma ngerjain tugas, ma ke warnet).” Selain itu hambatan lain seperti yang ibu cicik ungkapkan “Ketika disini tahun 2003 ibu masih senang-senangnya main. Ibu juga pernah seumuran mereka, suka main, artinya kalo mereka bolos, ibu juga akan tahu. Karena bahasa mata dan tubuh lebih jujur daripada dia ngomong.” Seorang ibu jelas lebih tahu ketika anaknya berbohong, wajar saja ibu cicik menganggap bahasa mata dan tubuh lebih jujur daripada ucapan mereka. Dapat kita ketahui bahwa penanaman nilai-nilai luhur sangatlah penting untuk diterapkan sejak masa kanak dengan berupa suatu contoh yang baik, memperingatkan dan pembiasaan. Karena seseorang menjadi bisa karena terbiasa.

BAB III

PENUTUP

III.1  Kesimpulan

Yayasan Akhlaqul Karimah ini didirikan atas inisiatif orang tua, tak heran bila struktur kepengurusan teratas sampai sekarang ini masih dalam lingkup keluarga dalam artian lain yayasan ini merupakan yayasan keluarga. Bangunan yang setiap kamarnya berkapasitas sekitar 4-5 orang ini mulai didirikan pada tahun 2002 khusus untuk anak yatim, piatu, atau yatim piatu dan dhu’afa. Sedangkan donator dikembangkan oleh yayasan sendiri.
Dalam keseharian mereka dibiasakan dengan prilaku-prilaku yang luhur, selain itu hubungan kekeluargaan di Yayasan Aklaqul Karimah sangatlah erat. Bagi mereka, rumah adalah tempat kembali, dengan begitu tali persaudaraan dan tali silaturrahim selalu terjalin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Memunculkan Kembali / Mengembalikan Kolom Warna atau Color pallette di CorelDraw yang Hilang

Assalamu'alaikum ... dari postingan saya sebelumnya membahas tentang cara memunculkan dialog Create a New Document di CorelDraw yang hilang . lagi lagi karena saya ceroboh, dan akhirnya document palette atau kolom warna saya yang hilang hihi. tragedi ini bermula dari keinginan untuk mengetahui apa fungsi tombol tombol asing di CorelDraw. alhasil setiap tombol kucoba klik 😁 ternyata solusinya mudah loh ❗ simak yaah .. Pada Kolom  Menu Bar ➡ Klik Window  ➡ Color Palettes  ➡ Klik Document Palette untuk memunculkan kolom histori warna yang pernah kita pakai (terletak di kaki Coreldraw) ➡ Klik RGB Palette (terletak di sebelah kanan ) Setelah kalian klik, nantinya kolom palette secara otomatis muncul Gambar : Kolom Document Palette Gambar : Kolom RGB Palette Semoga Bermanfaat :) Wassalamu'alaikum ...

Cara mengembalikan dialog Create a New Document di CorelDraw yang hilang

Assalamu'alaikum ... Kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengembalikan dialog Create a new document di CorelDraw yang hilang karena kecerobohan kita / ketidak sengajaan kita menekan tombol "Do not show this dialog again" Siapa sih yang tidak galau ketika kehilangan sesuatu hehe. okelah langsung saja simak tutorial berikut : Pada kolom Menu Bar ➡ klik Tools ➡ Options / Tekan tombol (Ctrl + J)   Nantinya akan muncul seperti gambar di bawah ini. lalu klik General  ➡ Centang kolom Show New Document dialog box   ➡ klik OK. Buat dokumen baru, kemudian nantinya otomatis akan muncul kolom Create a New Document. selesai sudah :) semoga bermanfaat Wassalamu'alaikum ...

Tutorial Efek Noise di CorelDraw

Assalamu'alaikum ... Kali ini saya akan membahas tentang efek yang lagi ngehits dikalangan vectorina. ini nih contohnya, background gambar berikut menggunakan efek noise / bintik bintik kecil Berikut langkah - langkahnya, simak yah :) Langkah Pertama  Buat Objek Kotak menggunakan Rectangle tool ➡ Beri warna Langkah Kedua Menu Bar ➡ Klik Bitmaps ➡ Convert to Bitmap Nantinya akan muncul dialog seperti di bawah ini  pastikan warna yang digunakan sesuai kebutuhan. Disini saya menggunakan warna RGB   Langkah Ketiga  Menu Bar ➡ Klik Bitmaps ➡  Noise ➡  Add Noise Langkah Keempat Setelah itu atur Noise sesuai selera kalian Inilah hasilnya :) semoga bermanfaat yah Wassalamu'alaikum ...